Siapa Saja Pakar SEO di Indonesia?

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan yang berhubungan dengan internet dan teknologi mulai di lirik oleh sebagian besar orang. Salah satunya adalah SEO Specialist yang merupakan salah satu profesi masa kini yang bertugas mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking-nya dan muncul di halaman pertama Google.

Untuk menjadi seorang SEO, bukan hanya kemampuan SEO yang harus dikuasai, kemampuan pemasaran dan Penulisan juga harus dimiliki karena ketiganya saling berkaitan satu sama lain. Perusahaan startup biasanya sangat membutuhkan orang-orang yang sepertiĀ  ini.

Pakar SEO di Indonesia

Ingin menjadi seorang pakar SEO? Tentu Anda bisa melakukannya. Telah banyak tokoh-tokoh yang telah membuktikan bahwa dunia SEO dan internet marketing bisa membawa mereka meraih kesuksesan. Apabila Anda ingin belajar tentang bagaimana mengoptimalkan situs di mesin pencari, Anda bisa belajar kepada para pakar SEO berikut ini. Tentu saja mereka benar-benar pakar karena banyak kontennya yang meraih peringkat tertinggi di search engine. Siapa saja mereka?

1. Darmawan

Mungkin nama ini terasa asing di telinga Anda. Tetapi tahukah Anda? Darmawan merupakan pemilik website belajar seo dan internet marketing yaitu panduanim.com semua teknik SEO dari dasar hingga yang sulit semua lengkap ada di sana. Selain itu, ilmu tentang penasaran dan bisnis juga bisa dipelajari dari Website tersebut. Dan semuanya bisa Anda nikmati secara gratis!

2. Sugeng Riyadi

Selain belajar SEO melalui webnya Mas Darmawan, Anda juga bisa mempelajari tentang teknik-teknik SEO melalui website Mas Sugeng Riyadi. Website tersebut adalah sugeng.id dan bisa Anda akses secara gratis. Pada postingan terbarunya, beliau menceritakan bagaimana kontennya meraih peringkat pertama dan bisa menghasilkan banyak uang. Silakan Anda baca sendiri, Tulisannya begitu nyaman dibaca.

Tak hanya ahli di bidang SEO, Mas Sugeng juga jago dalam membuat template, Sudah banyak template blogger yang dibuat oleh beliau baik yang dibedakan secara gratis maupun yang dijual. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 200 ribuan saja. Web sugeng.id adalah tempat terbaik bagi Anda yang ingin mempelajari tentang seo, internet marketing, dan juga mencari tema terbaik untuk blog Anda.

3. Ricky Pratama

Ricky Pratama adalah seorang pakar SEO dan internet marketer pemilik blog trikmudahseo.blogspot.com. Beliau telah membuktikan bahwa subdomain blogspot pun bisa meraih peringkat teratas di mesin pencari dan bersaing dengan situs situs lain yang sudah memiliki domain.

Sama seperti ketiga pakar SEO, Mas Ricky Pratama memberikan ilmu seonya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selain tentang SEO, pada di blog Mas Ricky Anda juga bisa belajar tentang dasar-dasar blogging dan juga pemasaran Internet. Semua tersaji secara lengkap dan bisa menambah banyak ilmu bagi siapapun yang membacanya.

4. Argun

Argun adalah pemilik situs dewaseo.co.id. Berbeda dengan pakar sebelumnya, Mas Argun menawarkan jasa dan konsultasi SEO berbayar. Sangat cocok diorder bagi Anda yang memiliki cukup banyak budget. Menurut saya, belajar SEO dengan cara kursus juga tidak ada salahnya. Asalkan ilmunya benar-benar bisa Anda dapatkan.

Dewa SEO adalah penyedia jasa SEO yang telah berbadan hukum. Reputasinya tidak perlu diragukan lagi dan telah memiliki banyak sekali klien. Bagi Anda yang ingin berkonsultasi langsung saja hubungi dewaseo.co.id

Itulah beberapa pakar SEO yang ada di Indonesia. Tentu perjalanan mereka begitu panjang sebelum benar-benar meraih kesuksesan seperti saat ini. Sekian dan semoga menginspirasi bagi Anda calon-calon SEO specialist!

Kategori: SEO

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *