Serba Serbi Web Hosting yang Perlu Blogger Ketahui

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Apakah seorang blogger memerlukan web hosting untuk mengelolanya? Jawabannya memang bisa iya dan juga bisa tidak. Namun, memiliki web hosting juga perlu mengingat ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memiliki dan menggunakannya. Jika diibaratkan, memiliki web hosting sama artinya dengan memiliki apartemen atau rumah sendiri sekalipun itu harus membayar untuk periode tertentu. Tidak lagi menumpang di rumah orang lain sehingga kita menjadi lebih merdeka.

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang serba – serbi web hosting. Dengan mengetahuinya, diharapkan Anda bisa mendapatkan pengetahuan tambahan seputar hal tersebut dan bisa menentukan hosting yang tepat untuk situs Anda. Mari simak ulasannya berikut ini

Pengertian Hosting

Apa Itu hosting? hosting atau yang juga disebut sebagai web hosting merupakan tempat penyewaan data-data sebuah website sehingga dapat diakses secara online. Data-data ini bisa berupa tulisan, gambar, video, email, aplikasi, program, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menyewa hosting, kamu bisa menyewanya di perusahaan web hosting yang banyak bertebaran di internet.

Periode penyewaan hosting pada umumnya adalah satu tahun dan maksimal tiga tahun. Namun ada beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan bagi pelanggannya untuk membayar sewa hosting setiap sebulan sekali, tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali. Harga hosting sangat dipengaruh berdasarkan ruang penyimpanan dan juga kualitas yang bisa mereka berikan.

Macam-macam Web Hosting

Web hosting tidak hanya terdiri satu macam saja. Tetapi, terdiri atas beberapa macam. Ada cloud hosting, shared hosting, wordpress hosting, VPS, dan masih banyak lagi yang lainnya. Cloud hosting adalah hosting yang memakai berbagai macam server untuk menyeimbangkan load dan juga memaksimalkan uptime.

Sementara itu shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah akun hosting ditaruh bersama-sama dengan beberapa hosting yang lain dalam satu server yang sama, dan juga memakai layanan secara bersama sama. Harga shared hosting biasanya jauh lebih murah.

Sementara itu wordpress hosting hanya dipasang pada CMS wordpress saja. Soal harga, tidak terlalu berbeda jauh dengan cloud hosting. Kemudian jenis yang ketiga adalah VPS atau yang lebih dikenal dengan sebutan Virtual Private Server adalah tipe hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated (pribadi) di server walaupun digunakan oleh lebih dari satu pengguna.  Biasanya VPS harganya jauh lebih mahal dan cocok dipakai situs dengan traffic yang sangat tinggi.

Fungsi Web Hosting

Setidaknya ada tiga fungsi utama dari sebuah hosting. Yang pertama adalah sebagai media penyimpanan, yang kedua adalah sebagai alamat akses, dan yang ketiga adalah untuk menjaga website supaya selalu online. Dengan adanya hosting membuat website dapat diakses jika terhubung dengan koneksi internet.

Lalu bagaimana dengan blogger? Apakah tidak ada hosting? Sebenarnya ada, hanya saja hostingnya sudah terpusat di google sehingga Anda tidak perlu mengaturnya lagi. Sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, web hosting diibaratkan sebuah rumah. Dan di dalam rumah itu terdapat banyak sekali barang-barang yang bisa Anda gunakan. Bisa juga dihapus ataupun dipertahankan di sana.

Paling tidak saat ini Anda sudah tau mengenai dasar-dasar dari sebuah Hosting. Mulai dari definisi, macam-macam hingga fungsinya. Pada artikel selanjutnya akan dijelaskan lebih jauh mengenai hal tersebut. Apakah kini Anda sudah mulai berpikir untuk menggunakan hosting? Sampaikan di Kolom komentar ya!

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *