Pilih Branding Media Cetak atau Branding Media Digital?

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Bila ingin merk bisnis dikenali oleh banyak orang, Branding sangat perlu dilakukan. Sebab konsumen atau pelanggan tidak datang begitu saja secara tiba-tiba. Sebagai penjual, Anda harus aktif memasarkan, mempromosikan, dan juga memperkenalkan merk bisnis Anda kepada banyak orang. Secara garis besar, branding bisa dilakukan dengan dua cara yakni memanfaatkan media cetak dan memanfaatkan media digital.

Mungkin cara pertama dianggap kuno dan mulai ditinggalkan. Namun hingga kini, tetap masih ada saja yang mengiklankan di koran untuk memajukan bisnisnya. Sementara itu, cara kedua adalah cara branding masa kini yang mulai banyak dilakukan beberapa tahun terakhir. Fakta ini sejalan dengan jumlah pengakses internet yang semakin meningkat baik di Indonesia maupun dunia.

Lantas, Mana yang Lebih Baik? Branding Media Cetak atau Branding Media Digital?

Apapun branding yang dilakukan, tentu saja ada kelebihan dan juga kekurangannya. Bahkan Anda pun bisa menggunakan kedua cara tersebut apabila memang dibutuhkan. Namun untuk lebih meyakinkan pilihan Anda, mari ketahui sejenak perbedaan Branding media cetak dan branding media digital.

Branding Media Cetak

Branding media cetak adalah upaya memperkenalkan suatu merek supaya dapat dikenal masyarakat secara lebih luas. Caranya yaitu dengan memanfaatkan beragam media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid. Selain itu, poster dan banner juga bisa digunakan sebagai media untuk branding suatu produk ataupun jasa.

Salah satu Kelebihan branding dengan cara ini adalah media cetak bisa disimpan sehingga membuat seseorang bisa membacanya berulang-ulang kali. Ini juga akan membuat orang tersebut bisa mengingat merek produk Anda dan membelinya berulang-ulang kali.

Namun biasanya masa pakai koran juga begitu Singkat. Sebagian orang akan membuang koran tersebut ketika benar-benar selesai membacanya. Sehingga tidak cocok untuk kebutuhan jangka panjang. Selain itu, kekurangan lainnya adalah penyebaran informasi media cetak jauh lebih lambat daripada media internet. Sehingga bisa saja perusahaan bakal kalah cepat mendapatkan hati pelanggan dengan perusahaan sebelah yang terlebih dahulu mempromosikan diri melalui media internet.

Branding Media Digital

Branding ini memanfaatkan segala hal yang berhubungan dengan dunia digital. Lebih tepatnya yaitu internet. Jika dahulu pemasaran ataupun Branding sering dilakukan dengan cara yang konvensional, maka berbeda halnya dengan saat ini yang sudah dilakukan dengan cara yang jauh lebih modern memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Kini, branding dapat dilakukan cukup mudah dan cepat. Apalagi penyebaran konten internet juga begitu cepat sehingga membuat merek Anda juga lebih cepat dikenali oleh calon konsumen. Intinya, Anda bergerak selangkah lebih cepat!.

Selain itu alasan lain yang membuat Anda harus melakukan branding media digital adalah tingginya jumlah pengguna internet. Coba bayangkan saja, hingga saat ini kurang lebih 170 juta masyarakat Indonesia mengakses internet. Ini memberikan peluang yang bagus bagi Anda yang tengah melakukan pemasaran.

Namun sayangnya tak semua produk cocok dipasarkan secara online. Selain itu, dengan tingkat persaingan yang tinggi membuat Anda harus pandai pandai mengatur strategi marketing yang tepat untuk membuat bisnis menjadi jauh lebih berkembang. Setidaknya itu beberapa yang menjadi kekurangan melakukan branding dan pemasaran secara online.

Jadi, sekarang udah tau bukan bakal pilih cara apa? Semua kembali ke Anda sendiri, namun apapun cara yang akan gunakan semua sama-sama baik dan tepat dilakukan. Demikian pembahasan mengenai branding media cetak dan branding media digital, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *