Perbedaan Redirect 301 dan 302 untuk SEO

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Perbedaan Redirect 301 dan 302 untuk SEO

Dalam dunia webmaster kita pastinya sudah mengenal apa yang dimaksud dengan redirect.

Redirect adalah suatu teknik untuk mengarahkan dengan otomatis pengguna situs dari satu link menuju link yang lain.

Misalnya ketika kita mengunjungi abcd.com tetapi kita malah diarahkan ke 1234.com maka artinya situs abcd.com telah menggunakan teknik redirect.

Teknik redirect seperti ini biasanya dilakukan karena seorang webmaster mengganti domain utamanya, mengganti permalink suatu artikel, atau sekedar ingin menambah traffic untuk situs yang dituju.

Jenis-Jenis Redirect

Terdapat 2 jenis teknik redirect yang harus kita pahami sebagai seorang webmaster, yaitu redirect 301 dan 302.

Fungsi redirect 301 maupun 302 sebenarnya sama saja, namun yang harus Anda pahami adalah dampaknya pada robot mesin pencari.

Redirect 301 berarti kita melakukan redirect secara permanen sehingga mesin pencari akan menghapus link awal dengan link yang baru pada database pencariannya. Misalnya abcd.com di redirect 301 ke 1234.com maka abcd.com akan dihapus dari database mesin pencari.

Berbeda dengan redirect 302. Teknik redirect ini dilakukan jika kita hanya sementara waktu melakukan redirect sehingga robot perayap dari suatu mesin pencari tidak akan menghapus link yang di-redirect.

Sebagai pakar SEO hal ini sangat penting untuk dipahami agar Anda tidak kehilangan traffic yang signifikan ketika mengganti suatu URL situs.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *