Perbedaan Adsense Website dan Youtube

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, berkarier bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Pada umumnya, sebagian besar orang cenderung lebih memilih berkarier sebagai karyawan di sebuah perusahaan, padahal sebenarnya berkarier juga bisa dilakukan melalui YouTube maupun melalui Website.

Sebelum berkarier di dunia digital, tentunya kalian akan mempertimbangkan terlebih dahulu gaji yang akan didapatkan. Selain itu, tentunya kalian juga merasa kebingungan dalam memutuskan karier, antara Youtube atau website. Padahal keduanya sama-sama menggunakan Adsense sebagai sarana untuk menampilkan iklan.

Namun, tahukah kalian jika Adsense pada Youtube dan Adsense pada website tidak selamanya sama, ada beberapa perbedaan mencolok yang perlu kalian ketahui. Apa sajakah perbedaanya? Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini!

Perbedaan Adsense Website dan Youtube

Syarat dan Ketentuan dalam Mendaftar Adsense

Oke, kita mulai dari Adsense YouTube terlebih dahulu. Syarat pendaftaran pada Adsense YouTube bisa dibilang susah-susah gampang, untuk memenuhi persyaratan pendaftaran Adsense YouTube, channel kalian minimal memiliki 1000 subscriber. Tidak hanya itu saja, syarat lainnya untuk bisa mendaftar Adsense YouTube adalah mendapatkan 4000 jam tayang, itu artinya seluruh video yang terdapat pada channel kalian harus ditonton hingga mencapai 4000 jam lamanya.

Memang, fase awal untuk memulai di dunia YouTube tidaklah mudah, akan tetapi kalian juga tidak boleh putus asa begitu saja. Pastikan niat kalian bergabung di dunia YouTube adalah untuk bersenang-senang atau hobi, dan bukan untuk mencari view atau subscriber, apalagi penghasilan. Jika niat kalian dari awal adalah mencari view, subscriber, dan penghasilan, maka sudah bisa dipastikan minat kalian untuk bermain di dunia YouTube tidak akan lama.

Selanjutnya ada persyaratan untuk mendaftar Adsense website. Alur pendaftaran pada Adsense website bisa dibilang jauh lebih sulit dibandingkan dengan YouTube. Pasalnya, untuk bisa mendaftar Adsense website, website kalian wajib memenuhi standar kebijakan Adsense.

Salah satu kebijakan Adsense yang tidak asing bagi kalian adalah meningkatkan performa dan kualitas website, hal ini berguna untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung yang mengunjungi website kalian. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai syarat dan ketentuan Adsense, kalian bisa klik link ini.

Format Iklan yang Ditayangkan

Perbedaan selanjutnya adalah format iklan yang ditayangkan. Oke, kita mulai dari YouTube dulu yah. Nah, format iklan yang ditayangkan di YouTube pastinya berformat video. Akan tetapi, jenis iklan video yang dimaksud bisa dibilang cukup beragam, contohnya seperti display ads, overlay ads, nonskippable ads, dan lainnya.

Sedangkan untuk format iklan yang ditayangkan pada website, umumnya berformat gambar. Akan tetapi bukan hanya sekedar gambar biasa, melainkan iklan tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis, contohnya seperti iklan konten, iklan tautan atau iklan link, dan jenis iklan lainnya.

Jika menurut saya pribadi, untuk mendaftarkan akun website ke Google Adsense sangatlah sulit, itu masih fase pendaftaran, belum lagi proses persetujuan. Biasanya untuk Adsense website membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya hanya untuk mendapatkan persetujuan penayangan iklan.

Saran saya, kalian jangan terpacu pada satu platform iklan saja, saat ini sudah banyak platform publisher iklan, seperti mgid, proppeler ads, adnow, dan lainnya. Mungkin apabila proses persetujuan dirasa sudah terlalu lama, kalian boleh mencoba beberapa platform iklan diatas. Tapi untuk mendaftar platform iklan seperti diatas, masih terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, jika kalian masih bingung memilih antara berkarier di dunia YouTube atau website, saran saya sesuaikan saja dengan minat dan hobi kalian masing-masing. Apabila kalian berbakat di bidang menulis, kalian bisa mencoba untuk berkecimpung di dunia website, seperti blogger maupun wordpress.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Apabila kalian masih bingung mengenai perbedaan Adsense Youtube dan website, kalian bisa manfaatkan kolom komentar di bawah untuk bertanya kepada saya.

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *