Pentingnya SEO untuk Sebuah Website

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Pentingnya SEO

Semenjak mesin pencarian Google muncul, semua mulai mencari informasi melalui situs yang disebut juga “mbah google”.

Ini menunjukan pentingnya SEO untuk meningkatkan pengunjung per harinya. Sementara itu, pengunjung harus mencari informasi berdasarkan apa yang mereka inginkan sehingga situs anda harus diatur agar artikel relevan dengan apa yang pengunjung cari.

Disanalah SEO berperan. SEO adalah bagian dari inbound marketing yang termasuk dalam kegiatan marketing digital.

Untuk pengaturan SEO, diperlukan sebuah kata kunci yang relevan dengan artikel yang pengunjung cari. Selain itu, terdapat faktor lain seperti konten, navigasi, popularitas dan kepuasan pengguna dalam hal UI dan UX.

.

Tanpa SEO Bisa?

Sebenarnya bisa karena sebenarnya peringkat web kita diatur oleh google dengan kehadiran google bot. Robot online milik google itu akan menjelajahi web kita. Sama seperti manusia, jika website dianggap bagus maka peringkat situsnya pun akan bagus.

Peringkat bagus akan membuat artikel kita berada pada first top pencarian pada first page pencarian google. Oleh karena itu, tanpa SEO pun sebenarnya bisa jika website kita berkualitas.

Masalahnya, tidak semua paham indikator berkualitasnya suatu website dapat dikatakan baik atau buruk. Sehingga, perlu optimasi dengan berdasarkan kaidah SEO untuk meningkatkan kualitas website tersebut.

.

Apabila SEO Diterapkan?

Banyak manfaat apabila SEO diterapkan. Manfaat paling utama adalah peringkat pencarian Google menjadi tinggi. Akibatnya, pengunjung akan datang lebih banyak.

Selain itu, apabila website sudah dikenal oleh sistem pencarian google. Pengunjung akan datang dengan sendirinya. Keuntungannya adalah tidak perlu memerlukan biaya marketing yang besar untuk mendatangkan pengunjung.

Kita tahu bahwa agar sebuah konten atau produk dapat dijual mahal maka biaya marketing adalah poin kuncinya. Dengan memanfaatkan kaidah dasar SEO maka strategi pemasaran dapat menjadi lebih efektif.

 

Bahaya SEO Bila Digunakan Terlalu Berlebihan?

Namun ternyata bila kita menggunakan SEO terlalu berlebihan dengan teknik yang salah maka akan berakibat buruk. Bila teknik SEO terlalu dipaksakan dan google mengetahui cara curang dalam penerapannya maka akan mengakibatkan peringkat website menjadi lebih buruk.

Menggunakan kata kunci yang banyak orang cari, namun tidak sesuai dengan artikel yang ada di website kita maka pengunjung terkesan akan meninggalkan website langsung tanpa membaca artikel.

Teknik SEO seperti di atas disebut black hat SEO. Artinya, menggunakan cara kotor dalam penggunaan teknik SEO.

Memang, langkah tersebut akan meningkatkan halaman kunjungan (pageviews). Namun, pengunjung kurang suka dan mengakibatkan pengunjung keluar dari halaman artikel. Hal ini dapat membuat website dinilai buruk oleh Google..

 

Saran untuk Pengguna SEO

SEO adalah teknik yang penting untuk menambahkan jumlah kunjungan website. Namun, teknik SEO harus digunakan dengan bijak. Kalo ada black hat, tentu seo juga mengenal teknik white hat SEO.

Dengan teknik white hat SEO. Website akan menjadi lebih aman walau tidak secara langsung dapat mendapatkan pengunjung secara signifikan. Tentunya perlu proses.

Kuncinya, Sabar. SEO adalah ilmu yang harus dipelajari. Karena marketing konvensional sudah mulai ditinggalkan dan beralih menuju marketing digital salah satunya SEO.

Sampai Jumpa!

.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *