Pentingnya Backlink untuk SEO Situs Anda

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Pentingnya Backlink bagi SEO

Jika ada yang mengatakan bahwa cara untuk bisa bersaing di peringkat atas mesin pencari adalah dengan cara on page, itu memang benar. Namun tentunya akan lebih baik jika dibarengi optimalisasi lainnnya salah satunya dari segi off page. Dan hingga saat ini SEO off page masih terbukti mampu memperbaiki kualitas SEO sebuah website.

Ada banyak cara melakukan pengoptimalan SEO off page, salah satunya adalah backlink. Backlink atau yang juga disebut pranalink merupakan tautan yang masuk ke website kita. Ilustrasi seperti ini:

Si B membuat artikel yang didalamnya menyisipkan link keluar menuju website yang dimiliki oleh si A. Ini artinya, si A mendapatkan backlink yang datangnya langsung dari website milik si B. Setiap website bisa saja mendapatkan lebih dari satu Backlink. Baik itu dari satu domain maupun dari beberapa domain.

Namun berhati-hatilah dalam mencari backlink, pastikan Anda hanya mendapatkan backlink yang datangnya dari website yang benar-benar bagus, bukan web spam, situs dewasa, judi, dan web negatif lainnya.

Apa Pentingnya Backlink untuk SEO?

Kelihatannya cara kerjanya sederhana, namun apa yang membuat backlink penting dalam SEO? Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasannya untuk Anda:

1. Membangun Otoritas Website

Penggunaan backlink sangat bermanfaat dan bisa membangun otoritas website Anda. Apalagi jika Anda mendapatkan backlink dari situs situs besar dan populer, tentu saja mereka akan membantu membangun otoritas merek Anda. Semakin terkenal website Anda, maka semakin bagus pula google dalam menilai hingga akhirnya situs Anda diprioritaskan menduduki peringkat teratas di mesin pencari.

2. Lalu Lintas Referral

Sebuah website tidak mungkin hanya mendapatkan lalu lintas traffic dari mesin pencari saja. Apalagi untuk website yang baru, sangat sulit untuk mendapatkan traffic organik. Untuk itu diperlukan lalu lintas referral yang juga merupakan bagian dari optimasi Backlink yang efektif meningkatkan SEO website Anda.

3. Directory & Sumber Daya Link Jangka Panjang

Mendapatkan backlink dari web berkualitas tinggi dapat membentuk direktori terkemuka. Sebagaimana yang kita ketahui, internet merupakan salah satu sumber data besar yang akan terus bertumbuh dan akan selalu diakses sebagai sumber informasi, dan efeknya sangat bagus untuk SEO situs Anda.

4. Dapat Meningkatkan Traffic

Backlink merupakan salah satu usaha mengoptimalkan SEO. Jika Anda berhasil melakukannya, maka sebagian artikel pada website mampu naik rangking di peringkat atas google. Secara otomatis, traffic situs Anda juga akan meningkat jika ada yang membuka website tersebut.

Selain itu lalu lintas referal juga menjadi sumber lain yang membuat traffic website menjadi bertambah. Semakin banyak backlink yang didapatkan, tentu saja semakin besar peluang sebuah situs memperoleh lebih banyak traffic baik dari mesin pencari maupun dari situs yang lainnya.

5. Membuat Hubungan Baru

Membuat konten yang sangat bagus, bisa saja membuat orang lain terinspirasi sehingga membuat artikel yang kurang lebih membahas yang sama. Dan mungkin saja, ia mengutip salah satu bagian dari artikel yang sudah Anda tulis dan pada akhirnya menyisipkan tautan ke situs Anda.

Ini bisa membuat hubungan baru yang harmonis sehingga Anda bisa saja mendapatkan lebih banyak backlink lagi. Dan apabila Anda memasang newsletter membuat mereka tertarik untuk berlangganan ke situs Anda.

Jadi, jangan pernah ragu untuk menggunakan backlink. Asal dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan maka manfaatnya bisa Anda rasakan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Demikian penjelasan mengenai pentingnya backlink untuk SEO, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: SEO

2 Komentar

Tomi Nurhidayat · 30 Januari 2020 pada 15:57

Berapa banyak link internal ke blog kita dalam satu artikel yang baik gan?

    JV Adsense · 9 Oktober 2020 pada 09:45

    Coba pelajari hierarki internal link. Ada topologinya loh. Dan biasanya ada yang disebut artikel pilar dan artikel pendukung. Artikel pendukung biasanya memberikan link ke artikel pilar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *