Pentingkah Metode Off-Page SEO?

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Pentingnya Off-Page SEO

Search Engine Optimization (SEO) memiliki dua tipe yaitu On-Page Seo dan Off-Page Seo. Dari kedua tipe ini tentu memiliki perbedaan.

Berfokus pada Off-Page SEO, definisi dari Off-Page SEO itu sendiri adalah SEO yang tidak berhubungan dengan sebuah situs kita secara langsung, tapi mengarah pada back linking.

Maksudnya, google akan tahu bahwa situs kita berkualitas. Caranya adalah dengan melihat banyaknya link yang mengarah ke situs kita. Terbayang bukan bila situs kita ditautkan di banyak situs lain?

Tentu, logikanya ketika situs kita ditautkan, semakin terkenalah situs kita. Dengan begitu, google akan memberi peringkat suatu situs dengan kategori terbaik.

Dengan menggunakan metode Off-Page SEO, pemilik situs dapat memperbaiki peringkat situs dalam mesin pencarian dan dapat memperkenalkan situsnya agar lebih dikenal. Tidak hanya oleh netizen tapi juga robot google.

Metode dalam Off-Page SEO

Dalam mengembangkan Page-Off SEO, bisa menggunakan metode modern dan konvensional, di mana kedua metode tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan peringkat dari suatu situs.

Secara konvensional Off-Page SEO dapat dilakukan dengan melakukan promosi melalui forum-forum, memasukan situs ke dalam mesin pencari, menggunakan website direktori, artikel direktori, dan social bookmarking.

Sedangkan untuk metode modern dapat melalui link building, social media, dan local seo. Tentunya dengan menggunakan metode yang lebih modern membawa dampak yang lebih efektif daripada metode konvensional.

 

Faktor yang Mempengaruhi Off-Page SEO

Di dalam Off-Page SEO terdapat beberapa faktor penting yang dapat menaikan peringkat halaman. Salah satunya yaitu Inbound Link dengan memanfaatkan hyperlink sebagai sarana pendukung pada suatu situs.

Lalu ada juga Anchor Text yang bisa digunakan dalam sebuah hyperlink pada Inbound Link. Dalam menerapkan Anchor Text diharapkan dapat menggunakan keyword yang sesuai dengan situs yang dituju.

Selain Inbound Link dan Anchor Text, kualitas link juga menjadi faktor penting dalam membangun Off-Page SEO. Hal ini dikarenakan tidak semua kualitas link dari semua situs memiliki kualitas sama.

Faktor terakhir yaitu kecepatan link building. Link building yang baik adalah link yang memiliki kecepatan yang dianggap wajar, artinya tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Membuat link building jangan terlalu cepat. Nanti, google akan curiga. Ingat! Google lebih suka situs yang membangun link building secara natural.

Tapi, karena SEO adalah cara untuk optimasi. Lakukan link building jangan terlalu cepat. Google akan curiga jika kita melakukan metode SEO padahal situsnya tidak berkualitas.

Google akan tahu itu. Oleh karenanya, SEO perlu tapi jangan dilakukan terlalu berlebihan. Nah, sekian dulu pembahasan mengenai dasar-dasar Off-Page SEO, sampai berjumpa di artikel selanjutnya!

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *