Penghasilan Para YouTuber Indonesia

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, mencari uang tidaklah sesulit zaman dulu. Pasalnya, sudah terdapat banyak platform untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Contoh platform tersebut adalah YouTube.

Bagi kalian yang ingin berkarya melalui YouTube, pastinya kalian akan mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan serta kekurangannya. Memilih terlebih dahulu topik yang akan dibuat dan mempertimbangkan penghasilan yang akan didapatkan apabila penonton pada konten kalian telah sekian dan sekian.

Nah, bagi kalian yang kepo banget dengan penghasilan seorang YouTuber, kalian datang pada artikel yang tepat, sebab pada artikel kali ini, kita akan kupas tuntas penghasilan para YouTuber di Indonesia. Penasaran? Langsung saja simak pembahasan berikut ini!

YouTuber Terkaya Indonesia dengan Penghasilan Selangit 

Tentunya kalian pasti penasaran bagaimana para youtuber mendapatkan penghasilannya kan. Simak penjelasan berikut ini.

Perhitungan penghasilan YouTuber dihitung berdasarkan RPM (pendapatan per seribu tayang). Biasanya, YouTuber Indonesia mendapatkan 3000 sampai dengan 5000 IDR setiap iklannya ditonton sebanyak 1000Ă—.

Contoh perhitungan: misalnya satu video ditonton oleh 1 juta orang, berarti pendapatan dari video tersebut adalah 1 juta/1000 penonton lalu dikalikan 5000 IDR (RPM) hasilnya 5 juta untuk satu video

Jika kalian masih belum paham, saya akan coba kasih contoh. Misalnya saja ada 2 YouTuber, yakni Youtuber A dan B. Nah, YouTuber A membuat 3 video setiap hari dan penonton videonya katakanlah ada 1000 orang, jika dibandingkan dengan YouTuber B yang membuat konten viral seminggu sekali dan penonton videonya sendiri mencapai 2-3 juta penonton, maka jumlah penonton maupun jumlah penghasilan yang didapatkan oleh YouTuber A akan kalah dengan YouTuber B.

1. Baim Paula

YouTuber pasangan suami istri dengan jumlah subscriber sebanyak 16,4 Juta ini sukses menepati peringkat satu sebagai YouTuber dengan penghasilan terbanyak di Indonesia. Jika dihitung, rata-rata tiap satu video ditonton 1.5 juta orang dan dalam satu bulan ini bisa upload sampai 50 video. Jika hitunga RPM nya 5000 IDR, maka penghasilan per videonya adalah 7.5 juta. Jika ada 50 video dalam sebulan berarti pendapatan sebulannya 375 juta untuk RPM 5000 IDR. Jika RPM nya 10000 IDR, pendapatan per bulannya adalah 750 juta.

2. Rans Entertainment

Lagi lagi, YouTuber pasangan suami istri dengan jumlah subscriber 17,7 juta. Jika dihitung lebih lanjut, estimasi pendapatan Rafi Ahmad dari youtube per bulannya bisa mencapai ratusan juta. rata-rata tiap satu video ditonton 1 juta orang dan dalam satu bulan ini bisa upload sampai 60 video. Jika hitungan RPM nya 5000 IDR, maka penghasilan per videonya adalah 5 juta. Jika ada 60 video dalam sebulan berarti pendapatan sebulannya 300 juta untuk RPM 5000 IDR. Jika RPM nya 10000 IDR, pendapatan per bulannya adalah 600 juta.

3. Deddy Corbuzier

Nah, pastinya kalian sudah tidak asing dengan YouTuber yang satu ini. Untuk saat ini, Deddy Corbuzier telah meraih lebih dari 12,5 juta subscriber. Rata-rata video Deddy Corbuzier ini ditonton 2 juta orang dan dalam satu bulan ini upload 20 video saja. Jika hitungan RPM nya 5000 IDR, maka penghasilan per videonya adalah 10 juta. Jika ada 20 video dalam sebulan berarti pendapatan sebulannya 200 juta untuk RPM 5000 IDR. Jika RPM nya 10000 IDR, pendapatan per bulannya sebanyak 400 juta.

Konten Sangat Berpengaruh Terhadap Jumlah Penonton

Perlu kalian ketahui, munculnya iklan pada video YouTube tidak bisa ditebak, terkadang ada orang yang menonton lebih dari 3 iklan dalam satu video, atau bahkan tidak menonton iklan sama sekali. Sehingga bisa dikatakan, penghasilan YouTuber merupakan penghasilan relatif atau berubah-ubah alias bukan penghasilan tetap.

Bagi kalian yang ingin berkecimpung di dunia YouTube untuk mencari penghasilan tambahan, saya sarankan kalian untuk membuat konten yang berpotensi menghadirkan jumlah penonton yang banyak. Biasanya konten yang dipakai banyak youtuber adalah konten viral.

Namun, pada dasarnya konten viral merupakan konten yang mudah basi, itu artinya konten viral merupakan konten yang tidak tahan lama, mungkin jika sudah lewat beberapa bulan, konten tersebut sudah tidak ada lagi yang menonton, berbeda dengan konten abadi, seperti konten edukasi, dan konten yang membagikan ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu, jika kalian ingin membuat konten viral, kalian perlu konsisten untuk mengupdate channel kalian nantinya.

Saran saya, apabila kalian ingin berkecimpung di dunia YouTube, kalian jangan terlalu fokus terhadap penghasilan. Niatkan jika kalian berkecimpung di dunia YouTube ingin membantu orang lain, dengan memberi ilmu kepada orang lain.

Ilmu yang saya maksud bisa berupa apa saja, contoh konten yang informatif dan edukatif adalah konten tutorial, motivasi, life hack, dan lainnya.

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *