Kok CPC Adsense Turun di Bulan Januari?

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Penurunan Pendapatan Google Adsense

Turunnya Cost per Click (CPC) merupakan mimpi buruk bagi para publisher Google Adsense. Turunnya CPC ini mengakibatkan turunnya pendapatan, bahkan penurunan pendapatan dari Adsense ada yang sampai lebih dari 50%.

Saat ini, tepatnya di bulan Januari pastinya banyak juga yang mengalami kejadian turunnya CPC atau Biaya per Klik (BPK). Lantas apa penyebabnya di bulan Januari banyak yang mengalami penurunan CPC? Artikel ini akan menjawab misteri turunnya CPC di setiap awal tahun, yuk simak sampai tuntas.

 

Pahami Dulu Ini

Sebelumnya jv-adsense.com¬†juga telah membahas mengenai faktor-faktor apa saja yang memengaruhi besarnya CPC. Apabila teman-teman belum mengetahuinya silakan buka artikel “Beginilah Cara Google Adsense Menentukan CPC“.

Seperti yang telah dibahas pada artikel  di atas, CPC sangat bergantung pada faktor eksternal jadi turunnya CPC bukan semata-mata akibat ada yang salah dari situs teman-teman.

Faktor eksternal ini seperti sistem ekonomi yang melakukan hukum pasar penawaran dan permintaan.

Google Ad Manager (dulunya Adwords) juga menerapkan sistem penawaran dan permintaan.

Artinya semakin besar permintaan para advertiser (pengiklan) untuk menayangkan iklannya melalui layanan Google Ad Manager maka harga yang harus dibayarkan pengiklan pun lebih besar dari biasanya karena jumlah produk yang tetap (jumlah situs publisher dianggap tetap).

Sebaliknya bila para advertiser sedang tidak banyak yang mengiklankan produknya maka jumlah permintaan terhadap produk Google Ad Manager akan menurun, artinya harga yang harus dibayarkan para pengiklan pun tidak terlalu banyak.

Alhasil dapat disimpulkan apabila pengiklan sedang banyak maka CPC juga akan ikut naik, sebaliknya apabila pengiklan sedang sedikit maka CPC juga akan rendah.

 

Lantas Kenapa di Bulan Januari CPC Turun?

Para pengiklan di Google Ad Manager biasanya merupakan perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa digital marketing. Perusahaan-perusahaan ini tentunya harus menganggarkan sejumlah uang untuk kebutuhan marketingnya.

Yang harus diingat proses penganggaran ini tidak serta merta dalam hitungan jam sudah selesai untuk pembuatan alokasi anggarannya. Perlu waktu yang cukup lama untuk membuat anggaran untuk satu tahun ke depan.

Biasanya di bulan Januari ini berbagai perusahaan masih menyiapkan berbagai anggaran untuk kepentingan digital marketing. Alhasil maka banyak perusahaan yang belum mengiklankan produk mereka di bulan Januari.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa CPC di bulan Januari pada beberapa niche turun drastis.

Kondisi ini akan membaik seiring berjalannya waktu. Biasanya di bulan Februari atau Maret kondisi ini mulai memulih. Jadi jangan terlalu khawatir yah teman-teman.

Kategori: Ads News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *