Kisaran Biaya Pemasangan Iklan Digital

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Berapa kisaran biaya pasang iklan digital? Apa benar iklan digital sangat penting untuk bisnis Anda di era modern seperti saat ini? Mari kita diskusikan jawabannya dalam artikel ini. Di masa dimana internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia, memasang iklan digital memang menjadi salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis atau usaha Anda, apalagi saat ini sudah banyak media yang menyediakan tempat untuk beriklan.

Seperti contohnya Google Ads Service, Facebook Ads, Youtube, dan lain – lain. Bahkan sudah banyak orang yang menyediakan jasa digital marketing profesional untuk bisnis Anda. Tetapi, berapa sih kisaran biaya pasang iklan digital baik di Youtube, Facebook, maupun media sosial lainnya?

Biaya Iklan Facebook Ads

Facebook ads merupakan salah satu media beriklan digital yang paling banyak dan paling mudah untuk digunakan. Sesuai dengan namanya, iklan yang kita buat akan muncul di beranda para pengguna Facebook sesuai target yang kita inginkan. Kisaran biaya pasang iklan digital di Facebook Ads juga tergantung kepada siapa Anda menargetkan iklan yang Anda buat. Sebab range harganya sangat flexible dari mulai $5 hingga $50,000 per satu iklan yang Anda buat.

Dan pembayarannya dilakukan dalam bentuk saldo online. Jadi Anda mengisi saldo Facebook Ads terlebih dahulu dengan jumlah yang Anda inginkan. Kemudian, Anda pilih kata kunci dan target pengguna Facebook yang kira – kira cocok dengan bisnis yang Anda iklankan. Akan ada 2 cara bagaimana saldo Anda terpotong, yaitu dari seluruh jumlah yang Anda belanjakan atau dari biaya tiap hasil yang akan Anda dapatkan. Anda juga bebas memilih dalam jangka waktu berapa lama iklan Anda akan tayang serta berapa kali iklan Anda tayang untuk satu pengguna.

Biaya Iklan Digital di Youtube

Serupa dengan Facebook, Youtube juga merupakan salah satu media sosial yang sedang banyak digunakan masyarakat Indonesia belakangan ini. Mengingat banyak youtuber Indonesia yang mencari uang lewat Youtube secara full time alias menjadikan Youtube sebagai pekerjaan utama. Dan para Youtuber ini mendapatkan uang dari iklan yang tayang di video mereka. Nah, cara para pengiklan ini menayangkan iklannya di video adalah dengan menjadi advertiser di Google Adsense.

Ada 2 jenis iklan yang bisa ditayangkan, yaitu iklan Overlay yang muncul di bagian bawah video dan iklan video yang tayang di tengah video asli. Dan untuk tarif pengiklan di Youtube di tentukan dari lamanya iklan tersebut akan tayang. Contohnya bila Anda ingin iklan bisnis tayang selama 2 minggu, kisaran biaya pasang iklan digital yang perlu Anda siapkan adalah Rp.300.000 hingga Rp.1.500.000. Sedangkan untuk waktu 3 bulan biayanya sekitar Rp.2.400.000 hingga Rp.5.400.000.

Biaya Iklan di Google Ads

Yang terakhir adalah kisaran biaya pasang iklan digital di Google Ads. Berbeda dengan Facebook atau Youtube, Google Ads akan menayangkan iklan Anda di paling atas halaman pencarian Google. Model pembayaran untuk beriklan di Google Ads juga mirip dengan Facebook Ads. Jadi, Anda mengisi saldo terlebih dahulu di akun Google Adwords. Kemudian Anda tentukan kata kunci dari bisnis Anda serta berapa lama iklan Anda akan muncul.

Jumlah biaya yang perlu Anda keluarkan tergantung pada jumlah pencarian, kata kunci, serta berapa lama durasi iklan Anda akan tayang. Dibandingkan Facebook Ads atau Youtube, beriklan di Google Ads paling flexible karena Anda bisa menentukan biaya berapa pun.

Jadi itulah beberapa pembahasan mengenai kisaran biaya pasang iklan digital yang perlu Anda ketahui. Bila Anda ingin yang lebih simple tanpa harus atur sana – sini, Anda bisa menyewa jasa digital marketing profesional dengan harga mulai dari Rp.1.500.000 hingga Rp.15.000.000 untuk satu pekerjaan.

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *