Hal-hal yang Perlu Diketahui Digital Marketer Pemula

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Melakukan pemasaran melalui internet kini memang sangat fenomenal. Sebab jumlah pengguna internet yang tinggi merupakan fakta yang bagus untuk para pebisnis online yang membutuhkan pembeli untuk produk yang dijualnya. Digital marketing merupakan salah satu upaya pemasaran yang hasilnya sudah terbukti asal dilakukan dengan cara yang tepat.

Kini cara-cara konvensional pemasaran di jalan-jalan atau dengan cara offline lainnya perlahan sudah mulai ditinggalkan. Adanya internet membuat semuanya berubah, pemasaran tradisional mulai tak lagi dirilis dan hampir semua beralih ke pemasaran yang menggunakan teknologi informasi terkini.

Hal-hal yang Perlu Diketahui oleh Digital Marketer Pemula

Nyatanya belum semua paham tentang digital marketing. Namun tak perlu khawatir, bagi Anda seorang digital marketer pemula, Anda bisa mengetahui hal-hal selengkapnya tentang digital Marketing pada konten berikut ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu teknik pemasaran dengan memanfaatkan media internet baik itu google maupun media sosial. Ini berlaku untuk produk maupun jasa. Tujuan dilakukannya hal ini yaitu untuk menjangkau seluas luasnya target customer secara efisien, personal dan relevan. Dengan harapan produk atau jasa yang dijual bisa laku bahkan mendapatkan repeat order

Macam-macam Teknik Digital Marketing

Setelah Anda mengetahui apa itu digital marketing dan apa tujuannya, kini saatnya untuk mengetahui macam-macam teknik dasar yang biasa digunakan dalam pemasaran digital. Beberapa teknik tersebut antara lain yaitu:

1. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik digital marketing yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Sebab, apabila teknik ini berhasil dilakukan Anda tak perlu capek capek lagi melakukan promosi secara spam karena produk atau jasa Anda bisa ditemukan langsung dari mesin pencari google.

Untuk bisa melakukan optimasi SEO, pastikan Anda memiliki website terlebih dahulu dan promosikan produk/jasa Anda melalui website tersebut. Ada 2 optimasi yang bisa Anda lakukan yaitu SEO on page (dilakukan dari dalam website) dan SEO off page (dilakukan dari luar website). Keduanya harus dilakukan supaya hasilnya maksimal.

2. SEM

Sementara itu SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi pemasaran Internet yang hasilnya mengandalkan hasil penelusuran. Hanya saja caranya yang sedikit berbeda. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan sedikit biaya untuk mengiklankan produk atau jasa di google ads.

SEM lebih banyak dipilih sebab hasilnya bisa terlihat dalam waktu yang relatif cepat. Berbeda dengan teknik SEO yang membutuhkan waktu yang lama untuk melihat hasilnya. Jadi ibaratnya, SEM adalah cara untuk beriklan di mesin pencari seperti Google. Nah, sekarang sudah paham kan?

3. SMM

Sosial Media Marketing atau SMM merupakan cara pemasaran Internet dengan memanfaatkan media sosial. Baik itu Facebook, Twitter, maupun instagram. Sosial media dipilih sebagai media pemasaran bukan hanya karena penggunanya yang banyak, tetapi juga fitur yang tersedia juga mendukung promosi bisnis Anda.

Salah satu contohnya adalah Instagram. Selain dapat membuat akun pribadi, di Instagram Anda juga bisa membuat akun khusus bisnis. Fitur instagram business bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau pembeli yang jauh lebih luas. Hal ini juga berlaku untuk sosial media lainnya seperti Facebook dan juga Twitter

Paling tidak itulah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu untuk memahami digital marketing. Pada postingan selanjutnya, insyaallah tentang digital marketing akan dibahas lebih dalam lagi. Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Ads News

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *