Cara Membuat Konten Artikel yang Bagus untuk SEO

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Cara Membuat Konten Artikel yang Bagus untuk SEO

Pembuatan sebuah konten artikel untuk suatu website tentunya tidak boleh asal tulis. Kita sangat perlu untuk menimbang kebutuhan pembaca. Kita juga perlu tahu topik apa yang sedang hits di mesin pencari google. Sehingga, kita akan tahu topik apa yang dibutuhkan para pembaca situs kita.

Sekali lagi, pembuatan konten itu tidak asal. Perlu juga melihat persaingan antar website juga. Website mana sih yang membahas topik itu. Bagaimana sih websitenya, kurang apa sih ulasan artikelnya?

Berikut ini cara untuk membuat konten artikel berdasarkan kaidah seo yang bagus.

Lakukan Riset Konten

Ini poin pentingnya, apa yang menurut kamu bermanfaat mungkin saja tidak berguna untuk orang lain. Kamu perlu riset tentang apa yang pengunjung sebenarnya cari.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan. Salah satunya google trend. Di sini, pemilik website dapat melihat tren apa yang sedang banyak dicari orang di mesin pencari google.

 

Lihat Kompetitor

Setelah menemukan topik, kamu bisa mulai mencari website dengan bahasan topik yang kamu ingin tulis. Kemudian, kembangkan kerangka tulisan tentang kelebihan tulisan yang kamu bisa tawarkan ke pembaca. Kamu juga bisa menambah sedikit pemanis mengenai keunikan tulisan kamu.

Rasanya akan terasa percuma, jika konten tersebut sama saja dengan website kompetitor. Justru, bisa jadi website kamu akan kalah saing. Apalagi jika tulisan kamu hanya copy-paste dari website orang lain. Bisa bahaya buat website kamu!

 

Judul Jangan Clickbait

Judul yang beraroma clickbait memang menggoda orang untuk berkunjung ke website kamu. Namun, itu hanya bersifat sementara. Pengunjung yang datang dan tidak sesuai dengan apa yang mereka cari justru akan membuat mereka langsung menutup website kamu.

Hindari penggunaan kata “WOW”, ”Luar Biasa”, atau judul lain yang dirasa terlalu berlebihan. Google tidak suka itu. Justru google akan membuat website kamu menjadi terpuruk di mesin pencarian google.

Caranya, kita harus jujur dengan apa yang kita tulis. Usahakan dalam keyword dan tulisan artikel terwakili dengan judul yang kita buat. Lebih baiknya lagi, dalam judul ada keyword yang ditulis.

Hal tersebut berguna agar antara judul, keyword, dan tulisan di artikel ada kata atau informasi yang pengunjung dapatkan.

 

Hindari Penulisan Baris Terlalu Banyak dalam Paragraf

Kalo dulu dari SD sampai SMA kita diajarkan mengenai EYD. Bagaimana cara menulis atau bagaimana standar penulisan berdasarkan paragraf. Nyatanya, hal ini tidak berlaku untuk konten di sebuah website.

Kalimat yang terlalu banyak dalam satu paragraf hingga berbaris-baris membuat pembaca justru bosan dan jenuh. Belum selesai membaca atau bahkan belum membaca, pengunjung langsung keluar dari website kamu.

Tulislah maksimal dalam saru paragraf adalah sekitar dua sampai 3 baris saja. Hal ini penting!

 

Analisis Tingkat Persaingan Keyword

Lihat juga tingkat persaingan topik kamu. Bisa menggunakan tool yang bernama Google Adword (sekarang namanya Google Ads) atau bisa juga menggunakan SEO quake. Itu akan membantu kamu mengetahui tingkat persaingan keyword yang akan kamu pilih.

Pembahasan ini akan dilanjutkan lagi lebih rinci di artikel blog kami selanjutnya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini dulu.

 

Selamat mencoba!

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *