Apakah nama domain mempengaruhi SEO?

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Pengaruh Nama Domain untuk SEO

Penentuan nama domain merupakan tahap awal dalam membangun situs yang powerfull. Nama domain ini ditentukan berdasarkan nama brand produk yang akan kita angkat, berdasarkan nama kita, atau berdasar kemudahan untuk pengetikan.

Pengaruh Nama Domain terhadap SEO

Lantas apakah nama domain itu berpengaruh terhadap SEO?

Jawabannya adalah sangat berpengaruh. Alasannya akan kita bahas di artikel ini.

Penentuan nama domain merupakan langkah awal yang krusial. Seperti membangun rumah, domain itu seperti lahan yang akan kita banguni rumah. Jadi ketika sudah membeli lahan akan susah untuk membeli lahan yang lainnya karena sumberdaya kita sudah difokuskan ke lahan tersebut.

Kemudian yang lebih menyesalkan adalah ketika kita sudah membangun rumah tersebut di lahan itu dan berencana akan memindahkannya, tentu saja hal itu tidak mudah.

Itulah perumpamaan pemilihan nama domain yang tepat. Penentuan nama domain merupakan perencanaan jangka panjang.

Analisis keyword pun harus dilakukan apabila ingin membuat suatu situs yang powerfull.

Misalnya ada suatu situs sumur-resapan.com dan ada artikel berjudul sumur resapan dari abcd.com. Apabila keduanya faktor lainnya dianggap sama maka dengan keyword “sumur resapan”, situs sumur-resapan.com berpeluang memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan artikel sumur resapan.

Penentuan Nama Domain yang Tepat

Penentuan nama domain yang tepat sangat penting.

Seperti telah dibahas sebelumnya, nama domain dapat menggunakan nama brand. Hal ini penting untuk meningkatkan trust para pengguna atau calon pengguna brand kita.

Dengan membuat suatu situs dengan nama domain suatu brand maka akan meningkatkan profesionalisme pengelola brand tersebut.

Menggunakan nama pribadi pun bisa menjadi salah satu pilihan. Hal ini digunakan untuk membangun self-branding. Ketika Anda memiliki suatu situs dengan nama Anda sendiri berarti Anda dianggap memiliki kemampuan untuk membangun suatu situs atau memiliki cukup sumber daya untuk membangun suatu situs.

Menentukan nama domain berdasarkan kemudahan pengetikan juga dapat menjadi salah satu pilihan. Google, Yahoo, atau Flickr merupakan beberapa contoh nama domain yang berdasarkan kemudahan penulisan.

Kategori: SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *