9 Rekomendasi Aplikasi dan Plugin Chrome untuk Para Blogger

Dipublikasikan oleh JV Adsense pada

Word Counter Plus

Blogger atau seorang publisher biasanya berkutat dengan kegiatan menulis artikel, analisis kata kunci, mencari gambar, analisis persaingan, dan melihat berbagai statistik yang berkaitan dengan situsnya.

Berbagai aplikasi atau plugin ekstensi chrome pun dapat mempermudah berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang blogger.

Berikut adalah daftar aplikasi atau plugin ekstensi browser chrome yang akan sangat membantu kegiatan blogger Anda.

1. Rankaware

Rankaware

Logo Rankaware

Rankaware merupakan aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows maupun Mac OS. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mengetahui posisi keyword situs kita di berbagai mesin pencari terkenal, seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Bagi seorang blogger, aplikasi ini penting dimiliki untuk mengetahui performa situsnya di setiap mesin pencari.

Untuk versi gratis, situs yang dapat dianalisis posisi keyword-nya hanya satu situs saja. Namun, apabila membeli paket premium maka Anda dapat menambahkan beberapa situs sekaligus.

Sebenarnya aplikasi semacam ini pun dapat kita gunakan secara gratis pada situs smallseotools, tetapi tentunya akan terasa lebih nyaman apabila menggunakan aplikasi ini.

2. Whatsapp for Desktop

Whatsapp

Logo Whatsapp

Whatsapp sepertinya bukan hanya dipakai oleh para blogger, tetapi aplikasi ini sangat penting untuk seorang blogger untuk membangun jaringan. Grup-grup whatsapp mengenai blogging, google adsense, tips dan trik SEO, White dan Black Hat SEO, serta grup yang sesuai dengan topik situs Anda sangat penting untuk diikuti.

Dengan menggunakan Whatsapp for Desktop, kegiatan-kegiatan membangun jaringan ini tentunya akan lebih mudah. Anda juga dapat dengan mudah melakukan blogwalking apabila bergabung dengan banyak situs yang membahas mengenai blogging.

3. Google Publisher Toolbar

Google Publisher Toolbar

Logo Google Publisher Toolbar

Google Publisher Toolbar merupakan plugin ekstensi yang resmi dirilis oleh Google untuk ekstensi Google Chrome.

Fungsi utama dari plugin ekstensi ini adalah menampilkan data pendapatan dari Google Adsense dan menampilkan berbagai data statistik dari Google Analytics.

4. Mobile Browser Emulator

Mobile Browser Emulator

Mobile Browser Emulator

Anda kesulitan dan kerepotan ketika ingin melihat tampilan mobile situs Anda atau situs pesaing?

Dengan menggunakan plugin ekstensi Chrome Mobile Browser Emulator, Anda dapat melihat tampilan mobile suatu situs pada layar monitor desktop. Selain itu, dengan menggunakan ekstensi ini Anda juga dapat mengatur resolusi tampilan mobile dari suatu situs.

Hal ini menjadi penting karena mobile friendliness saat ini merupakan salah satu indikator dalam menentukan pemeringkatan keyword situs di Google.

5. Mailtrack

Mailtrack untuk SEO

Mailtrack untuk SEO

Seorang blogger tentunya akan lebih sering menggunakan email daripada orang-orang yang bekerja secara konvensional. Kadangkala kita memerlukan informasi apakah email yang kita kirimkan sudah dibaca atau belum oleh pihak yang menerima email.

Pertanyaan ini dapat dijawab oleh plugin ekstensi chrome bernama “mailtrack”. Ekstensi ini dapat digunakan versi gratisannya dengan segala keterbatasannya dan tentunya ada pula versi premiumnya.

6. MozBar from Moz

MozBar

Logo MozBar

MozBar adalah ekstensi google chrome yang dirilis oleh situs penyedia jasa SEO terkenal di dunia, Moz. Apabila Anda sudah sering mendengar mengenai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), maka perusahaan inilah yang berjasa membangun parameter-parameter ukuran tersebut.

Selain DA dan PA, Moz juga merilis parameter ukuran yang dinamakan spam score untuk melihat seberapa berkualitasnya situs Anda.

7. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere

Logo Keywords Everywhere

Analisis keywords secara gratis tentunya cukup menggunakan ekstensi chrome bernama “Keywords Everywhere”. Meskipun tidak sehebat dengan Ahrefs, ekstensi chrome ini dapat menampilkan volume pencarian kata kunci tertentu secara detail.

Selain itu, ekstensi chrome ini dapat menampilkan data perkiraan besarnya CPC untuk setiap keyword-nya.

Dengan menggunakan ekstensi ini, bahkan kita bisa lebih jauh mengeksplor data-data keyword daripada hanya menggunakan Keyword Planner yang disediakan oleh Google Ads.

8. SEOquake

SEOquake

Logo SEOquake

SEOquake merupakan teman yang baik dalam menganalisis berbagai situs yang terindeks di Google.

SEOquake ini juga menampilkan data DA dan PA untuk setiap situs yang dikunjungi, sehingga apabila Anda ingin memasang jumlah ekstensi chrome yang tidak terlalu banyak cukup gunakan ekstensi ini saja dan tidak usah menginstall MozBar.

9. Word Counter Plus

Word Counter Plus

Word Counter Plus

Ekstensi chrome ini cocok untuk menganalisis situs pesaing. Dengan menggunakan ekstensi chrome ini Anda dapat menghitung jumlah kata artikel SEO pesaing sehingga Anda dapat menentukan seberapa banyak jumlah kata yang dibutuhkan untuk menyaingi si situs pesaing.

 

Itulah berbagai aplikasi dan plugin ekstensi untuk meningkatkan produktivitas para blogger. Ada rekomendasi aplikasi atau ekstensi yang lain? Beritahu kami melalui kolom komentar yah.

Kategori: Ads News

1 Komentar

Panduan Blog · 7 Maret 2019 pada 10:52

Wahh pembahasan yang menarik. Saya juga menggunakan beberapa ekstensi chrome yang bisa mempermudah aktivitas blogging saya. Menurut saya, ekstensi yang wajib itu seperti google publisher toolbar, MozBar, dan PrePostSEO. Terima kasih banyak atas pembahasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *