4 Cara Agar Terhindar dari Advertising Block

Dipublikasikan oleh Muhamad Azhar Fakhri pada

Apakah Anda sudah mengetahui tentang advertising block? Istilah Advertising Block atau yang lebih familiar dengan sebutan “adblock” merupakan ekstensi penyaringan konten dan pemblokiran iklan sumber terbuka untuk penjelajah web Google Chrome dan Apple Safari. Dengan adanya ekstensi ini, membuat pengguna google chrome bisa terhindar dari segala macam bentuk iklan.

Adblock saat ini telah digunakan lebih dari 20 juta pengguna. Mayoritas, ekstensi ini dipasang pada browser google chrome. Adblock pertama kali dibuat sekitar tahun 2008 untuk google chrome dan di tahun 2010 sudah bisa diterapkan pada browser Apple safari.

Advertising block memang menguntungkan bagi penjelajah web, namun tidak bagi pemilik web. Terutama bagi publisher adsense yang tentu saja sangat merugikan. Dampaknya klik akan berkurang dan penghasilan pun akan menurun.

Tips Terhindar dari Advertising Block

Tentu Anda sangat menginginkan bebas dari masalah adblock bukan? Tak perlu khawatir, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips dan juga cara supaya web yang sedang Anda kelola tidak lagi terganggu oleh sebuah fitur bernama adblock. Mari, simak ulasannya berikut ini

1. Minta Visitor Mematikan Adblock

Adblock, sebetulnya tidak datang begitu saja pada sebuah browser. Tetapi telah melalui proses penginstalan dan pemasangan. Karena hal itulah, Anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu meminta secara langsung kepada visitor atau pengunjung situs Anda untuk mematikan ekstensi Adblock pada browsernya. Memang, untuk orang-orang tertentu bukan perkara mudah tetapi tidak ada salahnya jika mencobanya terlebih dahulu.

Jika cara ini berhasil, tentu Anda tidak perlu lagi menerapkan cara selanjutnya. Namun jika cara pertama gagal, Anda masih bisa mencoba cara kedua hingga yang terakhir di bawah ini. Apa saja itu?

2. Menggunakan Jaringan Iklan yang Tembus Adblock

Apakah ada network advertising yang bisa tembus Adblock? Tentu saja ada dan mungkin Anda belum mengetahuinya. Beberapa jaringan periklanan menyediakan iklan yang tetap tembus walaupun visitor telah memasang adblock pada browsernya. Apabila Anda menggunakan jaringan periklanan ini maka Adblock bakal bisa ditangkal.

3. Menggunakan Iklan Mandiri

Cara ini bisa jadi alternatif untuk menghindarkan website Anda dari advertising block. Memang bukan perkara mudah mendapatkan pengiklan yang mau memasang banner web kita apalagi jika web memiliki traffic yang masih sedikit. Tetapi, jika Website cukup potensial dan memiliki kualitas yang bagus maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Advertising Block tidak akan bekerja pada iklan-iklan mandiri yang berasal dari banner. Karena hal itulah, Anda bisa mencoba cara alternatif yang satu ini.

4. Menggunakan Plugin

Khusus bagi Anda pengguna CMS WordPress Self Hosting, bisa menggunakan plugin untuk menghindari Adblock. Beberapa pilihan yang bisa Anda pakai antara lain yaitu Adblock X, Simple Adblock Notice, Anti Adblock Adspace, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap plugin tentu saja punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, plugin Adblock X yang mudah untuk disetting serta fitur-fitur yang sangat konfrehensif. Sementara itu, untuk plugin simple Adblock Notice juga tak kalah sederhana dengan plugin Adblock X. Anda bisa mengeceknya sendiri pada dashboard wordpress di bagian plugin >> tambah baru. Pilih salah satu yang diinginkan.

Jadi, sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, sebab Adblock memang bisa diatasi walau banyak usaha memang harus dilakukan. Demikian pembahasan mengenai cara menghindari advertising block, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Ads News

1 Komentar

warnetgea · 2 Mei 2020 pada 10:27

kalo untuk blogger mungkin cocok opsi yang pertama ya, memunculkan pop up suruh pengunjung mematikan adsblock. tapi apakah hal ini tidak melanggar peraturan google? mohon dijawab trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *